Pengaruh Model Pembelajaran Savi (Somatic, Audiotory, Visual, and Intellectual) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas II SD Pertiwi Makassar

HARYANTY AINUN AMALIA ISKANDAR (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Savi (Somatic, Audiotory, Visual, and Intellectual) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas II SD Pertiwi Makassar.

[img] Text
ARTIKEL JURNAL HARYANTY AINUN AMALIA ISKANDAR_PGSD.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimental Design. Variabel Bebas pada penelitian ini adalah Model Pembelajaran SAVI, variable terikatnya Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Populasi yang digunakan adalah keseluruhan siswa kelas II SD Pertiwi makassar, Sampel yang digunakan adalah 24 siswa kelas eskperimen dan 24 siswa kelas control menggunaka Teknik penarikan sampel sampling purposive. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Tes yang digunakan sebanyak 10 butir soal pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan statistic deskriptif dan statistic inferensial. Hasil belajar PKn siswa kelas II menunjukkan adanya peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran SAVI, berdasarkan analisis deskriptif rata-rata nilai posttest kelas (Received: tgl-bln-thn; Reviewed: tgl-bln-thn; Revised: tgl-bln-thn; Accepted: tgl-bln-thn; Published: tgl-bln-thn eksperimen lebih tinggi disbanding kelas control. Selanjutnya berdasarkan uji hipotesis paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi lebih kecildati Thitung > Ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar PKn siswa kelas II SD Pertiwi Makassar . Kata Kunci: Model SAVI, Hasil Belajar PKn

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Aug 2023 07:16
Last Modified: 21 Aug 2023 07:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33729

Actions (login required)

View Item View Item