Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V di SD Inpres 12/79 Tellangkere Kabupaten Bone

NURPARAHIM (2023) Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V di SD Inpres 12/79 Tellangkere Kabupaten Bone.

[img] Text
41909-103980-1-SM.pdf

Download (262kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran think pair share untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Inpres 12/79 Tellangkere Kabupaten Bone. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif atau Penelitian Kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua pertemuan dengan tahapan kegiatan perencanaan meliputi, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran TPS dan keterampilan berbicara siswa. Subjek penelitian adalah guru dan seluruh peserta didik kelas V SD yang berjumlah sebanyak 21 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, pendataan dan non tes. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi guru dan peserta didik serta lembar penilaian keterampilan berbicara siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Inpres 12/79 Tellangkere Kabupaten Bone pada siklus I presentase eterampilan berbicara siswa adalah 52,6% berada da siklus II mengalami peningkatan yaitu 81,3% berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat diartikan bahwa penerapan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Inpres 12/79 Tellangkere Kabupaten Bone. Kata Kunci: Model pembelajaran Think Pair Share, keterampilan berbicara, siswa kelas V.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Aug 2023 07:08
Last Modified: 21 Aug 2023 07:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33728

Actions (login required)

View Item View Item