PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR ILUSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PELAJARAN SBDP SISWA KELAS III SDN NO. 83 MANGINDARA KECAMATAN GALESONG SELATAN KABUPATEN TAKALAR

JUMRIANI (2023) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR ILUSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PELAJARAN SBDP SISWA KELAS III SDN NO. 83 MANGINDARA KECAMATAN GALESONG SELATAN KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
JURNAL JUMRIANI_PGSD[1].pdf

Download (468kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang diantaranya melihat penggunaan media gambar ilustrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada muatan pelajaran Seni Budaya dan Prrakarya (SBdP). Rumusan masalah yang ditemukan bagaimanakah penggunaan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran SBdP kelas III SDN No. 83 Mangindara Kecamatan Galesong Selatan Kabupaten Takalar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media gambar ilustrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan di kelas III SDN No. 83 Mangindara Kecamatan Galesong Selatan Kabupaten Takalar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitiannya yaitu penggunaan media gambar ilustrasi untuk meningkatkan hasil belajar. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 di SDN No. 83 Mangindara Kecamatan Galesong Selatan Kabupaten Takalar. Berdasarkan hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I dikategorikan cukup dan pada siklus II dikategorikan baik. Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I dikategorikan cukup dan meningkat pada hasil observasi siklus II menjadi kategori baik. Berdasarkan hal tersebut, hasil belajar siswa meningkat, dari siklus I berada dalam kategori (Received: tgl-bln-thn; Reviewed: tgl-bln-thn; Revised: tgl-bln-thn; Accepted: tgl-bln-thn; Published: tgl-bln-thn) kurang, dimana terdapat 3 siswa dikategorikan tuntas dan 5 siswa dikategorikan tidak tuntas. Kemudian meningkat pada siklus II berada pada kategori baik, dimana terdapat 6 siswa dikategorikan tuntas dan 2 siswa dikategorikan tidak tuntas. Kesimpulan hasil penelitian yaitu penggunaan media gambar dapat meningkatkan pada muatan pelajaran Seni Budaya dan Prakarya SDN No. 83 Mangindara Kecamatan Galesong Selatan Kabupaten Takalar. Kata Kunci : media gambar ilustrasi, hasil belajar siswa, seni budaya dan prakarya

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Aug 2023 07:00
Last Modified: 21 Aug 2023 07:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33727

Actions (login required)

View Item View Item