Pengaruh Penggunaan Model Group Investigation terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas IV SDN 017 Bonra Kecamatan Mapilli Kabupaten Polewali Mandar

Salman Usman (2023) Pengaruh Penggunaan Model Group Investigation terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas IV SDN 017 Bonra Kecamatan Mapilli Kabupaten Polewali Mandar.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (722kB)

Abstract

Salman Usman, 2023. Pengaruh Penggunaan Model Group Investigation terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas IV SDN 017 Bonra Kecamatan Mapilli Kabupaten Polewali Mandar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Rahmawati Patta dan Siti Raihan) Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas IV SDN 017 Bonra. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui gambaran penggunaan model group investigation di kelas IV sekolah dasar, (2) mengetahui gambaran kemampuan literasi sains siswa kelas IV sekolah dasar, (3) mengetahui pengaruh model group investigation terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas IV sekolah dasar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 017 Bonra dengan sampel 32 siswa. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling yaitu teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu Kelompok eksperimen dan Kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian pretest dan posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji statistik parametrik yaitu uji independent sample t-Test. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa (1) Penggunaan model pembelajaran group investigation pada proses pembelajaran berada pada kategori sangat baik yang diketahui dari persentase penggunaan model di dalam kelas sebesar 92,31%; (2) Terdapat peningkatan kemampuan literasi sains siswa dari kategori rendah menjadi kategori baik; (3) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas IV SDN 017 Bonra Kecamatan Mapilli Kabupaten Polewali Mandar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Aug 2023 02:19
Last Modified: 21 Aug 2023 02:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33720

Actions (login required)

View Item View Item