Tri Adi Mulya (2023) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Penerapan Strategi Survey QuestionReading Recite Review Kelas Iv SD Inpres 12/79 Pattuku Kecamatan Bontocani Kabupaten Bone.
Text
Jurnal Tri Adi Mulya_1747042031.pdf Download (587kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui penerapan strategi SQ3R padasiswa Kelas IV SD Inpres 12/79 Pattuku Kecamatan Bontocani Kabupaten Bone. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan rencana Penelitian Tindakan Kelas (Action Research), yaitu rancangan penelitian berdaur ulang (siklus). Adapun subyek penelitian ini adalah siswa Kelas IV SD Inpres 12/79 Pattuku Kecamatan Bontocani Kabupaten Bone, dengan jumlah siswa akhir terdiri dari 25 siswa yang terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini adalah bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui penerapan strategi SQ3R pada siswa Kelas IV SD Inpres 12/79 Pattuku Kecamatan Bontocani Kabupaten Bone. Hal ini dibuktikan dari adanya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 69,28 dan siklus II sebesar 79,68. Pada siklus I ditemukan bahwa dari 25 siswa yang mengikuti tes siklus I, terdapat 12 siswa mencapai nilai KKM dan 13 orang siswa belum mencapai nilai KKM. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yang menunjukkan seluruh siswa telah mencapai nilai KKM yaitu 70 dengan rentang nilai 70-95. Kata Kunci: Kemampuan Membaca, Pemahaman Siswa, Stategi SQ3R (Survey, Question, Reading, Recite dan Review).S
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 18 Aug 2023 07:55 |
Last Modified: | 18 Aug 2023 07:55 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33716 |
Actions (login required)
View Item |