PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V

ANDRESWANTO ARRUAN (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V.

[img] Text
114-Article Text-538-2-10-20221203 (1)(1).pdf

Download (218kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yan bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran penerapan model pembelajaran CIRCpada keterampilanmembaca pemahaman siswa, (2) Hasil belajar keterampilan membaca pemahaman siswa menggunakan model pembelajaran pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Nomor 48 Inpres Galung Utara. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition(CIRC), sedangkan variable terikatnya adalah hasil belajar keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDn Nomor 48 Inpres Galung Utara. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 35 siswa yang dipilih dengan menggunakan total sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisa statistik deskriptif dan analisa statistik inferensial yang terdiri atas uji normalitas, uji N-Gain dan pengujian hipotesis yaitu paired sample Test dengan menggunakan bantuan SPSS V 20.0. Instrument penelitian berupa lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan model pembelajaran CIRC masuk dalam kategori sangat efektif, (2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah diberikan perlakukan dengan menerapkan model pembelajaran CIRC (3) Hasil analisis uji menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran CIRC terhadap hasil beljar keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Nomor 48 Inpres Galung Utara Kecamatan Banggae Kabupaten Majene. Kata Kunci: model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition, hasil belajar, keterampilan membaca pemahaman.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Aug 2023 07:46
Last Modified: 18 Aug 2023 07:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33714

Actions (login required)

View Item View Item