Nurul Afika,2022. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN No.211 Inpres Campagaya Kabupaten Takalar

Nurul Afika (2023) Nurul Afika,2022. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN No.211 Inpres Campagaya Kabupaten Takalar.

[img] Text
Artikel_Nurul Afika.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nurul Afika,2022. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN No.211 Inpres Campagaya Kabupaten Takalar.Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Sayidiman dan Rahmawati Patta) Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir siswa pada pembelajaran tematik siswa kelas V SDN No.211 Inpres Campagaya Kabupaten Takalar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas V SDN No.211 Inpres Campagaya Kabupaten Takalar. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dan kemampuan berpikir kritis. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan yaitu aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa maupun hasil tes kemampuan berpikir krtis siswa. Pada siklus I aktivitas mengajar guru dan siswa berada pada kategori cukup (C) sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik (B). Hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I berada pada kategori Cukup (C). Sehingga ketuntasan hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik belum tuntas secara klasikal. Sedangkan pada siklus II hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa sudah meningkat dan berada pada kategori baik (B) sehingga ketuntasan hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik sudah tuntas secara klasikal. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan kemampuan berp

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Aug 2023 07:37
Last Modified: 18 Aug 2023 07:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33713

Actions (login required)

View Item View Item