Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Sikap Kerjasama Pada pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SDN 1 Limbung Putri Kab.Gowa

Rindy Antika (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Sikap Kerjasama Pada pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SDN 1 Limbung Putri Kab.Gowa.

[img] Text
artikel rindy.pdf

Download (361kB)

Abstract

Rindy Antika, 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Sikap Kerjasama Pada pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SDN 1 Limbung Putri Kab.Gowa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Nurhaedah, S.Pd.,M.Pd dan Dr.Suarlin, S.Pd.,M.Si) Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh model Group Investigation (GI) dalam pembelajaran, bagaimana Sikap Kerjasama siswa, serta ada tidaknya perngaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap Sikap Kerjasama siswa pada muatan pembelajaran Tematik kelas IV SDN 1 Limbung Putri Kab.Gowa . Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Group Investigation (GI) sedangkan variabel terikatnya adalah Sikap Kerjasama siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 1 Limbung Putri Kab.Gowa 2 kelas, sedangkan sampelnya adalah 15 siswa dari Kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan 15 siswa dari kelas IV B sebagai kelas kontrol. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan angket sebagai pre Non-test dan post Non-test. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa pengaruh model Group Investigation (GI) pada pertemuan pertama berjalan dengan efektif dan pada pertemuan II berjalan dengan sangat efektif . Hasil analisis inferensial dengan menggunakan independent sample t-test menunjukkan terdapat perbedaan hasil post Non-test kelas eksperimen dan kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya pengaruh Sikap Kerjasama siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Didukung dengan N- gain kelas eksperimen lebih baik dengan skor gain Tinggi daripada kelompok kontrol yang memperoleh skor gain Sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: (1) proses pembelajaran dengan model Group Investigation (GI) berlangsung dengansangat efektif, (2) hasil tes siswa menunjukkan adanya pengaruh Sikap Kerjasama siswa dalam pembelajaran, dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan pada model Group Investigation (GI) terhadap Sikap Kerjasama siswa pada pembelajaran Tematik kelas IV SDN 1 Limbung Putri Kab.Gowa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Aug 2023 07:29
Last Modified: 18 Aug 2023 07:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33711

Actions (login required)

View Item View Item