Pengauh Penggunaan Media Video Animasi terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri No.1 Balangnipa Kabupaten Sinjai

Nursaadah Darman (2023) Pengauh Penggunaan Media Video Animasi terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri No.1 Balangnipa Kabupaten Sinjai.

[img] Text
JURNAL saadah.pdf

Download (699kB)

Abstract

Nursaadah Darman, 2023. Pengauh Penggunaan Media Video Animasi terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri No.1 Balangnipa Kabupaten Sinjai. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Prof. Dr. Hj. Rohana, M.Pd dan Dr. Amir Pada, M.Pd) Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menggambarkan penggunaan media video animasi terhadap keterampilan menyimak cerita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia (2) Untuk menggambarkan hasil keterampilan menyimak cerita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan video animasi (3) Pengaruh penggunaan media video animasi terhadap keterampilan menyimak cerita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN No.1 Balangnipa, Kabupaten Sinjai. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Eksperimen dan desain penelitian Quasi Eksperimental Design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan siswa kelas IV B SDN No.1 Balangnipa, Kabupaten Sinjai. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini berdasarkan teknik Probability Sampling yaitu siswa kelas IV SDN No.1 Balangnipa, Kabupaten Sinjai. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik infrensial yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan menyimak antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini yakni (1) terlaksana dengan sangat efektif, hal ini terlihat dari persentase setiap pertemuan memberikan pengaruh positif terbukti dengan hasil pengamatan yang telah dilakukan pada setiap pertemuan mengalamai peningkatan dari kategori efektif menjadi sangat efektif. (2) Gambaran hasil belajar siswa kelas IV setelah penggunaan media video animasi lebih tinggi dibandingkan sebelum penggunaan media video animasi. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata (mean) pretest mengalami peningkatan ketika diberikan posttest pada kelas eksperimen dan kontrol.(3)Penggunaan media video animasi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menyimak cerita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN No.1 Balangnipa, Kabupaten Sinjai.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Aug 2023 07:25
Last Modified: 18 Aug 2023 07:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33710

Actions (login required)

View Item View Item