Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 339 Lagosi Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo

Asdil Ashar (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 339 Lagosi Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo.

[img] Text
Artikel Asdil Ashar.pdf

Download (150kB)

Abstract

Asdil Ashar. 2022, Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 339 Lagosi Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Andi Dewi Riang Tati dan Syamsuryani Eka Putri Atjo). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran model pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas IV SD, bagaimana gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, dan bagaimana pengaruh model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 339 Lagosi Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN 339 Lagosi Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo. Sampel dalam penelitian ini adalah 28 siswa 14 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 14 siswa sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Experimental Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan oleh peneliti selanjutnya di analisis melalui tekhnik analisis statistic deskriptif dan statistic inferensial. Berdasarkan data hasil penelitian setelah dianalisis menunjukkan bahwa kriteria siswa sebelum diberi perlakuan menunjukkan kriteria perlu bimbingan sedangkan setelah diberi perlakukan telah menunjukkan kriteria cukup. Adapun pada analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Talking stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 339 Lagosi Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo, dengan H0 ditolak dan Hα diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa gambaran model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 339 Lagosi Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo dapat di gunakan dan berada pada kategori baik, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 339 Lagosi Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo dengan menggunkana model pembelajaran Talking Stick menunjukkan hasil yang baik, dan terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan berupa model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 339 Lagosi Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Aug 2023 07:19
Last Modified: 18 Aug 2023 07:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33707

Actions (login required)

View Item View Item