Pengaruh Model Role Playing Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V UPT SPF SD Negeri Mangasa Kecamatan Rappocini Kota Makassar

Rini Erawati (2023) Pengaruh Model Role Playing Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V UPT SPF SD Negeri Mangasa Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

[img] Text
ARTIKEL_RINI ERAWATI.pdf

Download (658kB)

Abstract

Rini Erawati, 2022. Pengaruh Model Role Playing Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V UPT SPF SD Negeri Mangasa Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Sayidiman dan Rahmawati Patta). Rumusan masalah penelitia ini membahas (1) bagaimana penerapan model Role Playing terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Mangasa Kecamatan Rappocini Kota Makassar (2) bagaimana hasil belajar IPS siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Mangasa Kecamatan Rappocini Kota Makassar (3) apakah terdapat pengaruh model Role Playing terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Mangasa Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Tujuan penelitian (1) untuk mengetahui penerapan model Role Playing terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Mangasa Kecamatan Rappocini Kota Makassar (2) untuk mengetahui bagaimana hasil belajar IPS siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Mangasa Kecamatan Rappocini Kota Makassar (3) untuk mengetahui pengaruh model Role Playing terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Mangasa Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Quasi Experimentas Design. Populasi yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas V dengan sampel kelas VA sebagai kelas ekperimen dengan jumlah siswa dua puluh tiga orang dan kelas VB sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa dua puluh orang dan menggunakan teknik sampel yaitu sampling purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Isntrumens data penelitian ini yakni di tes hasil belajar adalah pilihan ganda dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini statistik deskriptif, dan statistik inferensial yaitu Independent Sample T-Test. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang diperoleh nilai signifikan <nol koma nol lima sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Role Playing terhadap hasil belajar IPS kelas V UPT SPF SD Negeri Mangasa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Aug 2023 07:12
Last Modified: 18 Aug 2023 07:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33704

Actions (login required)

View Item View Item