Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Inpres 250 Kawaka Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto

Suharningsi (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Inpres 250 Kawaka Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto.

[img] Text
SUHARNINGSI.pdf

Download (12MB)

Abstract

Suharningsi. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Inpres 250 Kawaka Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto. Skripsi dibimbing oleh Prof. Dr. Patta Bundu, M.Ed selaku pembimbing I dan Ibu Andi Dewi Riang Tati, S.Pd, M.Pd Selaku Pembimbing II Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Inpres 250 Kawaka Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Inpres 250 Kawaka Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Kawaka sebanyak 30 orang yang terdiri dari 12 laki-laki dan 18 perempuan. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai pengajar dan guru sebagai observer. Teknik analisis data adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan ketuntasan belajar siklus I pada kategori Rendah sedangkan siklus II pencapaian ketuntasan berada pada kategori Tinggi.. Hasil penelitian didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini di buktikan dari proses hasil tes siklus I dan tes siklus II dengan nilai rata-rata tes siklus I adalah 70.33 dan nilai rata-rata siklus II adalah 81.50. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Inpres 250 Kawaka Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Aug 2023 07:01
Last Modified: 18 Aug 2023 07:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33702

Actions (login required)

View Item View Item