Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pembelajaran PKn Di Kelas V SDN 047 InpresBaurung Kabupaten Polewali Mandar

Nurfitriani (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pembelajaran PKn Di Kelas V SDN 047 InpresBaurung Kabupaten Polewali Mandar.

[img] Text
ARTIKEL_NURFITRIANI_1847142029.pdf

Download (458kB)

Abstract

Nurfitriani, 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pembelajaran PKn Di Kelas V SDN 047 InpresBaurung Kabupaten Polewali Mandar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Nurfaizah dan Nurhaedah). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya penerapan model VCT dalam pembelajaran PKn yang mampu menarik perhatian siswa sehingga mengakibatkan rendahnya kemampuan berpikir kritis. Tujuan Penelitian (1) Untuk mengetahui penerapan pelajaran PKn dengan menggunakan model VCT kelas V di SDN 047 inpres baurung (2) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas V di SDN 047 inpres baurung (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran VCT terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V di SDN 047 inpres baurung. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran VCT sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kritis. Desain penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan menggunakan tipe Nonequivalent Control Group GroupTeknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan proses pembelajaran, tes yang dilakuakan sebanyak dua kali yaitu tes pretest dan posttest dan perangkat pembelajaran pendukung untuk melakukan penelitian serta dokumentasi penelitian. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran VCT terhadap kemampuan berpikir kritis PKn siswa kelas V SDN 047 Inpres Baurung Kec. Campalagian Kab. Polewali Mandar. berlangsung dengan baik secara efektif hal ini dibuktikan dengan hasil observasi presentasi berasa dalam kategori sangat baik. (2) Kemampuan berpikir kritis menunjukkan adanya peningkatan setelah pemberian model pembelajaran VCT dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini dibuktikan dari perbandingan nilai rata-rata pretest hasil belajar PKn pada kelas eksperimen secara keseluruhan dan posttest antara kelas ekperimen dan kelas kontrol. (3) Pengaruh model pembelajaran VCT terhadap hasil belajar PKn siswa dikatakan berpengaruh, dengan membuktikan berdasarkan hasil uji hipotesis yakni nilai probabilitas atau adanya perbedaan hasil tes yang diperoleh setelah pembelajaran menggunakan model pembelajaran VCT.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:26
Last Modified: 18 Aug 2023 03:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33683

Actions (login required)

View Item View Item