Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V SDN 011 Tatoa Mamasa

Veronika Trivebriana Irawan (2023) Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V SDN 011 Tatoa Mamasa.

[img] Text
JURNAL PJE_VERONIKA TRIVEBRIANA IRAWAN.pdf

Download (804kB)

Abstract

Veronika Trivebriana Irawan, 2022. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V SDN 011 Tatoa Mamasa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Ahmad Syawaluddin dan Hartoto) Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kegiatan peserta didik berbasis Problem Based Learning pada muatan pelajaran IPA, serta untuk mengetahui kelayakan lembar kegiatan peserta didik berbasis Problem Based Learning pada muatan pelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE dengan 5 tahap pengembangan yaitu analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Develompment), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Instrument penelitian yang di gunakan adalah angket dengan perhitungan menggunakan skala Likert. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh tim ahli dan diimlementasikan pada uji coba guru dan peserta didik untuk memberikan respon terhadap produk yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk lembar kegiatan peserta didik berbasis Problem Based Learning pada muatan pelajaran IPA dapat dinyatakan sangat layak dan mendapatkan respon yang sangat baik untuk dijadikan sebagai salah satu perangkat pembelajaran dalam mendukung proses pembelajaran. Hal ini ditunjukkan oleh hasil validasi ahli materi dan ahli perangkat pembelajaran diperoleh dengan kriteria “Sangat Valid”. Penilaian respon guru kelas V SDN 011 serta penilaian respon peserta didik kelas V SDN 011 Tatoa mendapatkan hasil dengan kriteria “Sangat Baik”.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:21
Last Modified: 18 Aug 2023 03:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33681

Actions (login required)

View Item View Item