Penerapan Model Pembelajaran project based learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V pada mata pelajaran IPA SD Inpres Bakung kabupaten Gowa

Awal Permana (2023) Penerapan Model Pembelajaran project based learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V pada mata pelajaran IPA SD Inpres Bakung kabupaten Gowa.

[img] Text
Artikel Awal Permana.pdf

Download (577kB)

Abstract

Awal Permana, 2022. Penerapan Model Pembelajaran project based learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V pada mata pelajaran IPA SD Inpres Bakung kabupaten Gowa. Skripsi. Jurusan Pendidikaan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Lutfi B, dan Rosdiah Salam). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran project based learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V pada mata pelajaran IPA SDInpres Bakung kabupaten Gowa. Fokus penelitian ini adalah penerapan model project based learning dan motivasi belajar siswa. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas V SD Inpres Bakung kabupaten Gowa yang berjumlah 25 orang pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observervasi dan angket. Adapun hasil dari penelitian yang dicapai pada siklus I aktivitas mengajar guru berada pada kategori cukup dan pada siklus kedua mengalami peningkatan menjadi kategori baik. pada siklus I aktivitas belajar siswa berada dalam kategori cukup dan pada siklus II aktivitas belajar siswa berada dalam kategori baik. sejalan dengan hal tersebut, motivasi belajar IPA siswa juga mengalami peningkatan, pada tahap observasi awal berada pada kriteria lemah dan pada siklus I mengalami peningkatan menjadi kriteria cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan berada pada kriteria kuat. berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Bakung kabupaten Gowa telah berhasil.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:10
Last Modified: 18 Aug 2023 03:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33679

Actions (login required)

View Item View Item