Pengaruh Penggunaan Media flash card untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa pada Mata Pelajaran Tematik Kelas I SD InpresBarombong II Kecamatan Tamalate Kota Makassar

NUR ISLAMIAH (2023) Pengaruh Penggunaan Media flash card untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa pada Mata Pelajaran Tematik Kelas I SD InpresBarombong II Kecamatan Tamalate Kota Makassar.

[img] Text
ARTIKEL NUR ISLAMIAH.pdf

Download (423kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan yang ditemukan di SD Inpres Barombong II yaitu rendahnya keterampilan membaca permulaan siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran penggunaan media flash card terhadap keterampilan membaca permulaan siswa pada mata pelajaran tematik kelas 1 SD Inpres Barombong II Kecamatan Tamalate Kota Makassar, untuk mengetahui gambaran keterampilan membaca permulaan siswa pada mata pelajaran tematik kelas 1 SD Inpres Barombong II Kecamatan Tamalate Kota Makassar setelah menggunkan media flash card dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media flash card terhadap keterampilann membaca permulaan siswa pada mata pelajaran tematik kelas 1 SD Inpres Barombong II Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini Yaitu Quasi Eksperimen dengan tipe nonequivqlent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 SD Inpres Barombong II kelas 1A sebanyak 31 siswa dan kelas 1B sebanyak 30 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling . Teknik pengumpulann data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, tes obyektif yang diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan pembelajaran. dan dokumentasi proses pembelajaran serta dokumen penelitian. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa keterampilan membaca permulaan siswa kelas eksperimen meningkat setelah diberikan perlakuan berupa media flash card dibuktikan dengan rata-rata hasil tes keterampilan membaca permulaan siswa meningkat setelah diberikan perlakuan media flash card. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial uji hipotesis diperoleh P= 0,008 lebih kecil dari α 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan sebelum dan sesudah pemberian media flash card terhadap keterampilan membaca perrmulaan siswa pada mata pelajaran tematik siswa kelas 1 SD Inpres Barombong II Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Kata kunci : flash card, keterampilan membaca awal, pembelajaran tematik

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:17
Last Modified: 18 Aug 2023 03:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33678

Actions (login required)

View Item View Item