Pengaruh Penggunaan Media Batang Cuisenaire terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III UPT SPF SDI Malengkeri Bertingkat 1 Kota Makassar

Astrye (2023) Pengaruh Penggunaan Media Batang Cuisenaire terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III UPT SPF SDI Malengkeri Bertingkat 1 Kota Makassar.

[img] Text
5_6055461913750408093.pdf

Download (926kB)

Abstract

Astrye, 2022.Pengaruh Penggunaan Media Batang Cuisenaire terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III UPT SPF SDI Malengkeri Bertingkat 1 Kota Makassar.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dra. Nurfaizah AP dan Syamsuryani Eka Putri Atjo). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan media Batang Cuisenaire di kelas III UPT SPF SDI Malengkeri Bertingkat 1 Kota Makassar, untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dikelas III UPT SPF SDI Malengkeri Bertingkat 1 Kota Makassar, untuk mengetahui penggunaan media batang Cuisenaire terhadap hasil belajar siswa kelas III UPT SPF SDI Malengkeri Bertingkat 1 Kota Makassar. Jenis penelitian ini yaitu Quasi Eksperimental Desain dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group dengan memberikan pretest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III UPT SPF SDI Malengkeri Bertingkat 1 Kota Makassar berjumlah 53 orang. Sedangkan sampel pada penelitian ini berjumlah 50 orang.Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu media batang cuisenaire dan variabel terikat yaitu hasil belajar matematika. Prosedur penelitian yang digunakan dengan dua tahap, yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksaan.Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan melakukan observasi, tes, dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan Teknik deskriptif dan inferensial yang terbagi atas uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa penggunaan media batang cuisenaire saat digunakan menjadikan siswa tertarik sehingga menghasilkan kategori sangat baik. Adapun hasil belajar matematika siswa berdasarkan hasil posttest pada kelas eksperimen menunjukkan kategori hasil belajar yang baik.Sedangkan hasil belajar matematika siswa berdasarkan hasil posttest pada kelas kontrol menunjukkan hasil belajar cukup baik. Berdasarkan hasil analisis statistic inferensial diperoleh P = signifikan lebih kecil dari α = 0, 05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media batang Cuisenaire terhadap hasil belajar siswa kelas III UPT SPF SDI Malengkeri Bertingkat 1 Kota Makassa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Aug 2023 02:51
Last Modified: 18 Aug 2023 02:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33676

Actions (login required)

View Item View Item