Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Sikap Kerja sama Siswa Sekolah Dasar di Kota Makassar

LISDAWATI (2023) Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Sikap Kerja sama Siswa Sekolah Dasar di Kota Makassar.

[img] Text
38855-96785-1-PB.pdf

Download (712kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perngaruh penerapan model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Sikap Kerja sama Siswa kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan angket sebagai pre non-test dan post non-test. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa penerapan model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) pada pertemuan pertama berlangsung dengan kategori baik dan pada pertemuan II berlangsung dengan kategori sangat baik.. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: (1) proses pembelajaran dengan menerapkan model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) berlangsung dengan sangat baik, (2) hasil tes siswa menunjukkan adanya peningkatan sikap kerja sama siswa dalam pembelajaran, dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan sikap kerja sama siswa kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Kata kunci: Model Cooperative Learning, NHT (Numbered Head Together), Sikap Kerja sama

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Aug 2023 02:51
Last Modified: 18 Aug 2023 02:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33675

Actions (login required)

View Item View Item