LISDAWATI (2023) Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Sikap Kerja sama Siswa Sekolah Dasar di Kota Makassar.
Text
38855-96785-1-PB.pdf Download (712kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perngaruh penerapan model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Sikap Kerja sama Siswa kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan angket sebagai pre non-test dan post non-test. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa penerapan model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) pada pertemuan pertama berlangsung dengan kategori baik dan pada pertemuan II berlangsung dengan kategori sangat baik.. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: (1) proses pembelajaran dengan menerapkan model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) berlangsung dengan sangat baik, (2) hasil tes siswa menunjukkan adanya peningkatan sikap kerja sama siswa dalam pembelajaran, dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan sikap kerja sama siswa kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Kata kunci: Model Cooperative Learning, NHT (Numbered Head Together), Sikap Kerja sama
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 18 Aug 2023 02:51 |
Last Modified: | 18 Aug 2023 02:51 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33675 |
Actions (login required)
View Item |