Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN No. 118 Inpres Bontolebang Kabupaten Takalar

Karmila (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN No. 118 Inpres Bontolebang Kabupaten Takalar.

[img] Text
jurnal.pdf

Download (816kB)

Abstract

Karmila, 2022. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN No. 118 Inpres Bontolebang Kabupaten Takalar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Suarlin dan Andi Makkasau) Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan hasil belajar siswa. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 24 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan format observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang terjadi dalam pembelajaran baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Kesimpulan penelitian ini yaitu akivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan. Hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori kurang sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat dan berada pada kategori baik dan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Aug 2023 02:43
Last Modified: 18 Aug 2023 02:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33673

Actions (login required)

View Item View Item