Pengaruh Penerapan Model Problem Based Instruction (PBI) terhadap Keterampilan Sosial Memperoleh Informasi pada Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Jeneponto

HASNI WARDANA (2023) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Instruction (PBI) terhadap Keterampilan Sosial Memperoleh Informasi pada Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Jeneponto.

[img] Text
Artikel Hasni Wardana.pdf

Download (636kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perngaruh penerapan model problem based instruction terhadap keterampilan sosial memperoleh informasi pada muatan IPS siswa kelas IV UPT SD Negeri 11 Bontoramba Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV UPT SD Negeri 11 Bontoramba Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto sebanyak 2 kelas, sedangkan sampelnya adalah 15 siswa dari Kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan 15 siswa dari kelas IVB sebagai kelas kontrol. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes soal pilihan ganda berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa penerapan model problem based instruction pada pertemuan pertama berjalan dengan cukup baik dan pada pertemuan II berjalan dengan baik. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan independent sample t-test menunjukkan terdapat perbedaan hasil posttest kelas eksperimen dan kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: (1) proses pembelajaran dengan menerapkan model problem based instruction berlangsung dengan baik, (2) hasil tes siswa menunjukkan adanya peningkatan keterampilan sosial memperoleh informasi dalam pembelajaran, dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model problem based instruction terhadap keterampilan sosial memperoleh informasi pada muatan IPS siswa kelas IV UPT SD Negeri 11 Bontoramba Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto. Kata Kunci: Model PBI, keterampilan sosial memperoleh informasi, pembelajaran IPS

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Aug 2023 02:41
Last Modified: 18 Aug 2023 02:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33672

Actions (login required)

View Item View Item