Pengaruh Media Ular Tangga Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN No. 6 Kampung Baru Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene

Maulidyah Abdullah (2023) Pengaruh Media Ular Tangga Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN No. 6 Kampung Baru Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH Maulidyah Abdullah_PGSD.pdf

Download (971kB)

Abstract

Maulidyah Abdullah, 2022, Pengaruh Media Ular Tangga Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN No. 6 Kampung Baru Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Rosdiah Salam dan Syamsiah D). Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN No. 6 Kampung Baru Kecamatan Banggae Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) gambaran penerapan media ular tangga pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN No. 6 Kampung Baru Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene (2) kemampuan membaca pemahaman siswa dalam penerapan media ular tangga pada kelas V SDN No. 6 Kampung Baru Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene (3) pengaruh media ular tangga terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN No. 6 Kampung Baru Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene. Variabel bebas pada penelitian ini adalah media ular tangga sedangkan variabel terikat ialah kemampuan membaca pemahaman. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN No. 6 Kampung Baru Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene berjumlah tiga puluh siswa, sedangkan sampel pada penelitian ini berjumlah tiga puluh siswa yang terdiri dari lima belas siswa di kelompok eksperimen kemudian lima belas siswa di kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes yang dilakukan sebanyak dua kali yaitu pretest dan posttest dan dokumentasi. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas eksperimen meningkat setelah diterapkan media ular tangga dibuktikan dengan rata-rata hasil tes siswa meningkat setelah diberikan perlakuan berupa media ular tangga. Kemudian berdasarkan hasil analisis statistik inferensial uji hipotesis diperoleh P= 0,000 lebih kecil dari α 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan sebelum dan sesudah pemberian media ular tangga terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN No. 6 Kampung Baru Kecamatan Banggae Timurt Kabupaten Majene.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Aug 2023 02:37
Last Modified: 18 Aug 2023 02:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33671

Actions (login required)

View Item View Item