Pengembangan Multimedia Interaktif Ceria (MIC) pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD KIP V Bara-Baraya Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Nurfikriani Eka Putri (2023) Pengembangan Multimedia Interaktif Ceria (MIC) pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD KIP V Bara-Baraya Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

[img] Text
JURNAL NURFIKRIANI EKA PUTRI (IJEST) .pdf

Download (286kB)

Abstract

Nurfikriani Eka Putri , 2022. Pengembangan Multimedia Interaktif Ceria (MIC) pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD KIP V Bara-Baraya Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dr.Suarlin, S.Pd., M.Si dan Dr.Andi Makkasau, M.Si). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari multimedia interaktif ceria (MIC) pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD KIP V Bara-Baraya Kota Makassar. Penelitian ini, mengembangkan produk yang berdasarkan pada hasil analisis kebutuhan siswa serta menggunakan jenis penelitian research and development (R&D). Subjek penelitiannya ialah siswa kelas V A yang berjumlah 20 siswa dengan prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Alessi & Trollip yang dimulai dengan tahap perencanaan (planning), tahap desain (design) dan tahap pengembangan (development). Produk dari hasil penelitian, selanjutnya melalui dua tahapan pengujian, yaitu uji alpha dan uji beta. Uji alpha atau uji kevalidan pada penelitian ini melibatkan dua validator, yaitu validator ahli materi dan validator ahli media. Berdasarkan hasil analisis validasi ahli media diperoleh skor secara keseluruhan 93 dengan persentase 83,03% maka produk multimedia berada pada kategori “Sangat Layak”. Hasil analisis validasi ahli materi diperoleh skor secara keseluruhan 70 dengan persentase 92,10% maka produk multimedia berada pada kategori “Sangat Layak”. Adapun hasil respon siswa dan guru untuk produk masing-masing memperoleh persentase sebesar 92.9% dan 93.05% maka produk multimedia berada pada kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, dapat menjadi referensi tambahan bagi peneliti selanjutnya dan menjadi inovasi dalam mengembangkan multimedia interaktif di sekolah dasar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Aug 2023 02:31
Last Modified: 18 Aug 2023 02:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33670

Actions (login required)

View Item View Item