Achmad, Ainun Khaerani and Aryani, Farida and Sinring, Abdullah (2021) Pengembangan Media Video Knowledge Virtual Career sebagai Layanan Informasi Karier bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kota Makassar. Pinisi Journal of Education, 1 (2). pp. 186-193. ISSN 2747-268X
Text (Artikel)
25982-63843-1-SM.pdf Download (490kB) |
Abstract
Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Gambaran kebutuhan layanan informasi karier siswa kelas IX SMPN 26 Makassar, (2) Prototipe media video video Knowledge Virtual Career (KVC) sebagai layanan informasi karier bagi siswa kelas IX SMPN 26 Makassar, (3) Tingkat validitas dan kepraktisan media video Knowledge Virtual Career (KVC) untuk diterapkan pada siswa kelas IX SMPN 26 Makassar. Penelitian ini menggnakan metode Research and Development (RnD) dengan model pengembangan Borg & Gall yang dimodifikasi oleh peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis isi terhadap data kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Gambaran kebutuhan layanan informasi karier di SMPN 26 Makassar, menunjukkan bahwa sangat dibutuhkan media video Knowledge Virtual Career (KVC) sebagai layanan informasi karier bagi siswa kelas IX SMPN 26 Makassar, (2) Prototipe media video Knowledge Virtual Career (KVC) sebagai layanan informasi karier bagi siswa kelas IX SMPN 26 Makassar terdiri dari sebelas bagian tampilan, (3) Tingkat validitas dan kepraktisan video Knowledge Virtual Career (KVC) menunjukkan hasil sangat valid dan memiliki tingkat kepraktisan yang sangat tinggi, sehingga sangat layak untuk digunakan sebagai media layanan informasi karier bagi siswa kelas IX SMPN 26 Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | Herling HR Sahade |
Date Deposited: | 18 Aug 2023 02:36 |
Last Modified: | 18 Aug 2023 02:36 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33668 |
Actions (login required)
View Item |