PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDN KALUKUANG III MAKASSAR

DAFFA ALIFYA (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDN KALUKUANG III MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Daffa Alifya.pdf

Download (253kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desainnonequivalent control group design yang bertujuan untuk mengetahui gambaranpenerapan model pembelajaran Make A Match pada pembelajaranmatematika siswa kelas IV, gambaran hasil belajar matematika siswa kelasIV, dan pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN KalukuangIII Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVSDN Kalukuang III Makassar, sedangkan sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas IV A sebagai kelaseksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 22orang per kelas. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan prosespembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran Make AMatch berdasarkan aktivitas guru dan siswa berada pada kategori sangatbaik. Hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen mengalamipeningkatan dari kategori sangat rendah menjadi kategori tinggi. Hasil ujiIndependent Sample T-Test nilai posttest menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 yang dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan modelpembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN Kalukuang III Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Aug 2023 02:25
Last Modified: 18 Aug 2023 02:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33666

Actions (login required)

View Item View Item