Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Saintifik pada Materi IPA di Kelas V SD Inpres Minasa Upa 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar

Nur Azizah (2023) Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Saintifik pada Materi IPA di Kelas V SD Inpres Minasa Upa 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

[img] Text
ARTIKEL NUR AZIZAH.pdf

Download (231kB)

Abstract

Nur Azizah, 2022. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Saintifik pada Materi IPA di Kelas V SD Inpres Minasa Upa 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Andi Makkasau dan Muhammad Irfan). Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (RnD) yang bertujuan untuk mengetahui pengembangan LKPD berbasis saintifik pada materi IPA untuk siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu tahap analisis (Analysis), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Development), tahap implementasi (Implementation), dan tahap evaluasi (Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket berupa angket validasi untuk mengetahui kevalidan produk yang dikembangkan dan angket respon pengguna untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembaangkan dengan perhitungan menggunakan skala likert. Produk yang dihasilkan berupa LKPD berbasis saintifik yang dikembangkan menggunakan aplikasi Power Point 2010. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh satu orang ahli materi dan satu orang ahli media serta di implementasikan pada uji coba yang diberikan kepada 12 orang peserta didik dan satu orang guru kelas VB SD Inpres Minasa Upa 1. Validasi dilakukan untuk mengetahui kevalidan LKPD berbasis yang dikembangkan. Hasil validasi oleh validator ahli materi diperoleh sebesar 96,7% dengan kategori sangat valid dan hasil validasi oleh validator ahli media diperoleh sebesar 99,1% dengan kategori sangat valid. Adapun respon pengguna yang diberikan oleh peserta didik dan guru dilakukan untuk mengetahui kelayakan LKPD berbasis saintifik. Hasil penilaian yang diberikan oleh peserta didik dan guru masing-masing diperoleh sebesar 87,7% dan 97,2% dengan kategori sangat layak. Sehingga LKPD berbasis saintifik telah valid dan layak diterapkan dalam pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Aug 2023 01:54
Last Modified: 18 Aug 2023 01:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33661

Actions (login required)

View Item View Item