Penerapan Metode Guided Note Taking Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Pelajaran IPS Kelas IV SDN No. 134 Inpres Su’rulangi Kabupaten Takalar

Nurrahma Nasir (2023) Penerapan Metode Guided Note Taking Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Pelajaran IPS Kelas IV SDN No. 134 Inpres Su’rulangi Kabupaten Takalar.

[img] Text
37409-96095-1-PB.pdf

Download (635kB)

Abstract

Nurrahma Nasir, 2022. Penerapan Metode Guided Note Taking Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Pelajaran IPS Kelas IV SDN No. 134 Inpres Su’rulangi Kabupaten Takalar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Nurhaedah dan Suarlin). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Guided Note Taking dalam proses pembelajarannya. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Sebelum pelaksanaannya terlebih dahulu dilakukan observasi untuk mendapatkan data awal. Kemudian setiap siklus terdiri dari empat tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Untuk mengetahui tingkat persentase metode pembelajaran guided note taking dan hasil belajar siswa, peneliti menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi pada setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN No. 134 Inpres Su’rulangi Kabupaten Takalar pada tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 15 orang siswa terdiri dari sembilan siswa perempuan dan enam siswa laki – laki. Analisis data dilakukan selama dan sesudah pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh selama pelaksanaan siklus I dan siklus II bahwa diperoleh hasil penelitian pada siklus I yakni pada observasi metode pembelajaran guided note taking pada aktivitas guru berada pada kualifikasi cukup (C) dan terjadi peningkatan pada siklus II yang berada pada kualifikasi baik (B). Sedangkan pada observasi proses aspek siswa pada siklus I berada pada kualifikasi kurang (K) dan terjadi peningkatan pada siklus II yang berada pada kualifikasi cukup (C). Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan metode guided note taking dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPS kelas IV SDN No. 134 Inpres Su’rulangi Kabupaten Takalar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Aug 2023 01:49
Last Modified: 18 Aug 2023 01:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33660

Actions (login required)

View Item View Item