Hubungan Pola Asuh Orang Tua Di Masa Pandemi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V di UPT SPF SD Inpres Cilallang Kecamatan Rappocini Kota Makassar

Risvasari Novriyanti (2023) Hubungan Pola Asuh Orang Tua Di Masa Pandemi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V di UPT SPF SD Inpres Cilallang Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

[img] Text
PJE_RISVASARI NOVRIYANTI_1847041078.pdf

Download (440kB)

Abstract

Risvasari Novriyanti, 2022, Hubungan Pola Asuh Orang Tua Di Masa Pandemi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V di UPT SPF SD Inpres Cilallang Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Suarlin dan Andi Makkasau). Penelitian ini adalah jenis penelitian korelasional menggunakan pendekatan kuantitatif dilakukan dengan tujuan, untuk mengetahui gambaran pola asuh orang tua di masa pandemi siswa kelas V di UPT SPF SD Inpres Cilallang Kecamatan Rappocini Kota Makassar, untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa kelas V di UPT SPF SD Inpres Cilallang kecamatan Rappocini Kota Makassar, untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua di masa pandemi dengan motivasi belajar siswa kelas V di UPT SPF SD Inpres Cilallang Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Variabel X dalam penelitian ini adalah pola asuh orang tua di masa pandemi sedangkan variabel Y yaitu motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas tinggi di UPT SPF SD Inpres Cilallang Kecamatan Rappocini Kota Makassar berjumlah 170 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling dalam hal ini yang diacak adalah kelas dalam penelitian ini kelas V berjumlah 57 siswa, data hasil penelitian diperoleh melalui angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian yaitu rhitung 0,293 lebih besar dari dan rtabel 0,266 ini menunjukkan bahwa gambaran pola asuh orang tua di masa pandemi dan motivasi belajar siswa berada pada kategori tinggi serta terdapat hubungan positif signifikkan antara pola asuh orang tua di masa pandemi dan motivasi belajar siswa sehingga hipotesis penelitian diterima.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Aug 2023 01:44
Last Modified: 18 Aug 2023 01:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33658

Actions (login required)

View Item View Item