Pengaruh Penggunaan Supporting Tools Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Negeri 12 Malaka Kecamatan Tondong Tallasa Kabupaten Pangkep

Dinda Cahyani Anas (2023) Pengaruh Penggunaan Supporting Tools Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Negeri 12 Malaka Kecamatan Tondong Tallasa Kabupaten Pangkep.

[img] Text
Artikel_Dinda Cahyani Anas.pdf

Download (788kB)

Abstract

Dinda Cahyani Anas, 2022. Pengaruh Penggunaan Supporting Tools Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Negeri 12 Malaka Kecamatan Tondong Tallasa Kabupaten Pangkep. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Widya Karmila Sari Achmad dan Hotimah). Pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak tahun 2019 mengakibatkan beberapa aktifitas yang biasanya dilakukan secara langsung atau tatap muka menjadi online. Salah satunya adalah proses belajar mengajar disekolah, sejak adanya pandemi Covid-19 proses belajar yang biasanya dilakukan secara tatap muka kemudian harus dilakukan secara online untuk mencegah penyebaran Covid-19. Peralihan dari proses belajar offline ke online menjadikan guru atau siswa harus memiliki alat pendukung atau supporting tools agar dapat terhubung satu sama lain. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan yaitu; Pertama untuk mengetahui gambaran supporting tools pembelajaran online siswa SD Negeri 12 Malaka selama masa Pandemi Covid–19. Kedua untuk mengetahui prestasi belajar siswa SD Negeri 12 Malaka selama masa Pandemi Covid –19. Ketiga untuk mengetahui pengaruh supporting tools pembelajaran online terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri 12 Malaka selama masa Pandemi Covid–19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, V, dan VI di SD Negeri 12 Malaka Kecamatan Tondong Tallasa Kabupaten Pangkep yang berjumlah sebanyak tiga puluh orang siswa. Sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Perhitungan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan program SPSS Versi 26. Teknik pengambilan data pada penelitian ini adalah questioner/angket dan dokumentasi. Sebelum melakukan uji analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji normalitas yaitu 0,167 > 0,05 atau dapat dikatakan bahwa data pada penelitian ini berdistribusi normal. Sedangkan hasil uji linieritas yaitu 0,256 > 0,05 atau dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan yang liniear antara supporting tools pembelajaran online dengan prestasi belajar siswa. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Supporting tools pembelajaran online berpengaruh signifikan terhadap variabel prestasi belajar siswa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Aug 2023 01:38
Last Modified: 18 Aug 2023 01:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33657

Actions (login required)

View Item View Item