Pengembangan Media Komik Digital Materi NilaiNilai Pancasila di kelas V SD Negeri Kapasa Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar.

Putri Andang Dewi (2023) Pengembangan Media Komik Digital Materi NilaiNilai Pancasila di kelas V SD Negeri Kapasa Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar.

[img] Text
ARTIKEL_PUTRI ANDANG DEWII.pdf

Download (1MB)

Abstract

Putri Andang Dewi, 2022. Pengembangan Media Komik Digital Materi NilaiNilai Pancasila di kelas V SD Negeri Kapasa Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Ahmad Syawaluddin dan Hartoto). Penelitian ini mengembangkan media komik digital untuk siswa kelas V SD Negeri Kapasa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media komik digital yang valid dan untuk mengetahui respon responden terhadap produk media komik digital yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Alessi & Trollip. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas V B SD Negeri Kapasa yang berjumlah 30 orang siswa. Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Alessi & Trollip yang dimulai dengan tahap perencanaan (planning), tahap perancangan (design) dan tahap pengembangan (development). Produk yang dihasilkan berupa media komik digital yang dikembangkan menggunakan aplikasi canva. Penelitian ini melibatkan dua validator, yaitu validator ahli materi dan validator ahli media. Selain itu juga melibatkan guru dan siswa kelas V B SD Negeri Kapasa sebagai responden. Validasi dilakukan untuk mengetahui kelayakan terhadap media komik digital yang dikembangkan. Hasil validasi materi berada pada kategori sangat layak dan ahli media terhadap produk media komik berada pada kategori layak. Adapun hasil respon guru dan siswa untuk produk masingmasing berada pada kategori sangat layak. Berdasarkan semua hasil dari uji alpha oleh ahli materi dan ahli media, dan juga uji beta oleh responden (siswa dan guru) maka dapat disimpulkan bahwa media komik digital materi nilai-nilai pancasila pada kelas V B SD Negeri Kapasa dapat dipergunakan sebagai salah satu media belajar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Aug 2023 01:34
Last Modified: 18 Aug 2023 01:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33656

Actions (login required)

View Item View Item