Pengaruh Metode Games Terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas V di SDI Japing Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa

Rizani Ayu Riyatmi Saleh (2023) Pengaruh Metode Games Terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas V di SDI Japing Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa.

[img] Text
ARTIKEL SANI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rizani Ayu Riyatmi Saleh, 2022. Pengaruh Metode Games Terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas V di SDI Japing Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dra. Nurfaizah AP, M.Hum dan Nurhaedah, S.Pd, M.Hum). Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan yang di temukan di SDI Japing Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa yang berkaitan dengan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik, Guru kurang variasi dalam menerapkan metodemetode pembelajaran yang mampu mendorong peserta didik untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga aktivitas belajar peseta didik menjadi kurang, kurangnya metode yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah, metode kurang menarik perhatian peserta didik yang digunakan oleh guru atau tenaga pendidik. Beranjak dari masalah tersebut maka tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode games pada pembelajaran PPKn di SDI Japing Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa. Untuk mengetahui pengaruh aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn di SDI Japing Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa. Untuk mengetahui hasil belajar PPKn di kelas V pada pembelajaran PPKn di SDI Japing Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa. Untuk mengetahui pengaruh metode games terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik di SDI Japing Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Adapun desain penelitian yang akan digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDI Japing Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa dan sampel dalam penelitian ini yaitu 33 peserta didik kelas V A dan 35 peserta didik kelas V B yang dipilih dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan penerapan metode games pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode games “bisik berantai” berlangsung dengan baik. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan independent sample t-test menunjukkan nilai probabilitas sebesar 0,000 < taraf signifikan 0,05 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pada penerapan metode games terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn kelas V di SDI Japing Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Aug 2023 01:30
Last Modified: 18 Aug 2023 01:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33655

Actions (login required)

View Item View Item