PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI SUNGGUMINASA IV KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA

NUR ANNISA BASRI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI SUNGGUMINASA IV KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA.

[img] Text
Nur Annisa Basri_Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Sisw.pdf

Download (551kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Sungguminasa IV Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui gambaran pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Sungguminasa IV; (2) Mengetahui gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble kelas IV SD Negeri Sungguminasa IV; (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia SD Negeri Sungguminasa IV. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yakni quasi eksperimen dengan menggunakan dua subjek yakni kelas IVa sebagai kelas eksperimen dan kelas IVb sebagai kelas kontrol. Perhitungan pengujian hipotesis menerapkan bantuan program IBM SPSS Statistic Versi 20. Proses pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Pemberian tes berupa pretest dan posttest untuk masing-masing setiap subjek. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji hipotesis dengan menerapkan independent sample t-test yaitu membandingkan hasil belajar (Posttest) siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang dianalisis dengan menggunakan taraf signifikan sebesar 5% (0,05). Hasil uji independent sample t-test memperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 atau kurang dari 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Sungguminasa IV Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble, Hasil belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:36
Last Modified: 16 Aug 2023 07:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33650

Actions (login required)

View Item View Item