PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BLOK PECAHAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PECAHANSISWA KELAS III SD NEGERI 8 PINRANG KECAMATANWATANG SAWITTO KABUPATEN PINRANG

DITA MARCHYA AURELIA (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BLOK PECAHAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PECAHANSISWA KELAS III SD NEGERI 8 PINRANG KECAMATANWATANG SAWITTO KABUPATEN PINRANG.

[img] Text
ARTIKEL DITA MARCHYA AURELIA-NIM 1847041015-1.pdf

Download (776kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui (1) Gambaran penggunaan media pembelajaran blok pecahan siswa kelas III SD Negeri 8 Pinrang Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang, (2) Gambaran pemahaman konsep pecahan siswa dengan menggunakan media pembelajaran blok pecahan di kelas III SD Negeri 8 Pinrang Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang, (3) Pengaruh penggunaan media pembelajaran blok pecahan terhadap pemahaman konsep pecahan siswa kelas III SD Negeri 8 Pinrang Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran blok pecahan, sedangkan variabel terikatnya adalah pemahaman konsep pecahan. Pemilihansampel yang dilakukan yaitu menggunakan teknik Nonprobability Sampling dengan jenis Purposive Sampling dengan hasil kelas III A sebagai kelompok eksperimen dan kelas III B sebagai kelompok kontrol, masing-masing terdiri dari 27 jumlah siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian tes pada ranah kognitif kemudian di analisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan Uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: (1) Gambaran penggunaan media pembelajaran blok pecahan terlihat berdasarkan lembar observasi, dari tahapan proses pembelajaran yang diamati pada setiap pertemuan terlihat meningkat melalui kegiatan siswa maupun guru, (2) Gambaran pemahaman konsep pecahan siswa dengan menggunakan media pembelajaran blok pecahan, pada perolehan hasil pretest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol masuk dalam kategori kurang. Sedangkan, pada perolehan hasil posttest kelompok eksperimen berada pada kategori baik dan kelompok kontrol masuk dalam kategori kurang, (3) Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai probabilitas pada posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu P= 0,000 lebih kecil dari α= 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran blok pecahan memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep pecahan siswa kelas III SD Negeri 8 Pinrang Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:26
Last Modified: 16 Aug 2023 07:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33649

Actions (login required)

View Item View Item