PENGARUH PENERAPAN MODEL CONCEPT SENTENCE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SD INPRES 12/79 BANA KABUPATEN BONE

RIRIN NUR NOVITASARI (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL CONCEPT SENTENCE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SD INPRES 12/79 BANA KABUPATEN BONE.

[img] Text
Artikel Ririn Nur Novitasari 1847442009.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan rendahnya keterampilan menulis karangan deskripsi siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran penerapan model concept sentence, untuk mengetahui gambaran keterampilan menulis karangan deskripsi, dan untuk mengetahui pengaruh penerapan model concept sentence terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD Inpres 12/79 Bana Kabupaten Bone. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Experimen dengan tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Inpres 12/79 Bana Kabupaten Bone. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu 18 siswa kelas IVA dan 18 siswa kelas IVB yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan dokumentasi, lembar observasi dan tes menulis karangan deskripsi yang diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan pembelajaran. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa penerapan model concept sentence berjalan dengan sangat baik. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan independent sample t-test menunjukkan terdapat perbedaan hasil posttest antara kelas eksperimen dan kontrol yang berarti adanya peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa pada kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Didukung dengan N-gain kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol yang memperoleh kategori sedang.Sehingga dapat disimpulkan bahwa: (1) proses pembelajaran dengan menerapkan model concept sentence berlangsung dengan sangat efektif, (2) hasil tes siswa menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa dalam pembelajaran, (3) terdapat pengaruh penerapan model concept sentence terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD Inpres 12/79 Bana Kabupaten Bone. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Concept Sentence, Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:14
Last Modified: 16 Aug 2023 07:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33647

Actions (login required)

View Item View Item