PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN PKN DI KELAS IV UPT SPF SDN MACCINI 2 KOTA MAKASSAR

LELIS TOFAN (2023) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN PKN DI KELAS IV UPT SPF SDN MACCINI 2 KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Lelis Tofani_Penerapan Model Coperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sis.pdf

Download (579kB)

Abstract

Lelis Tofani, 2022. Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw UntukMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Pelajaran Pkn Di Kelas IV UPTSPF SDN Maccini 2 Kota Makassar. Skripsi Jurusan Pendidikan GuruSekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar(dibimbing oleh Hamzah Pagarra Dan Sayidiman) Permasalahan dalam penelitian ini rendahnya hasil belajar siswa pada muatanpelajaran PKn. Adapun rumusan masalah penelitian ini ialah bagaimana gambaranpenerapan model cooperative learning tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran PKn di Kelas IV UPT SPF SDN Maccini 2 Kota Makassar. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini yaitu untukmendeskripsikan penerapan model cooperative learning tipe jigsaw untukmeningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran PKn di Kelas IV UPTSPF SDN Maccini 2 Kota. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatankualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari 2 siklus dimana tiap siklus terdiri dari 2 pertemuandengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi danrefleksi.Fokus penelitian ini adalah model cooperative learning tipe jigsaw danhasil belajar siswa adapun yang menjadi subjek penelitian adalah belajar padamuatan PKn. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV UPT SPF SDN Maccini 2 Kota Makassar yang berjumlah 28 orang padasemester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yangdigunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yangdigunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang dicapai pada siklus Itermasuk dalam kategori Rendah sedangkan pada siklus II hasil belajar siswamengalami peningkatan yaitu kategori Sangat Tinggi. Berdasarkan hasilpenelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model cooperative learning tipejigsaw dapa meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajarn PKN Peningkatan Hasil Belajar Pada Muatan Pembelajaran Pkn di Kelas IV UPTSPF SDN Maccini Kota Makassar. Kata Kunci: model cooperative,learning tipe jigsaw, hasil belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:04
Last Modified: 16 Aug 2023 07:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33646

Actions (login required)

View Item View Item