Penerapan Metode SQ3R Untuk MeningkatkanKeterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV

SITI RAHMA AGUSALIM (2023) Penerapan Metode SQ3R Untuk MeningkatkanKeterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV.

[img] Text
Artikel_Siti Rahma Agusalim_1847442032.pdf

Download (709kB)

Abstract

Siti Rahma Agusalim, 2022. Penerapan Metode SQ3R Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN No. 211 InpresCampagaya Kabupaten Takalar. Skripsi, jurusan Pendidikan Guru Sekolah dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (Sayidiman dan Nurhaedah).Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode SQ3R (Survey, question, Read, Recite, Review) untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN No.211 Inpres Campagaya. Fokus dari penelitian ini adalah penerapan metode SQ3R dan keterampilan Membaca. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas IV SDN No.211 Inpres Campagaya Kabupaten Takalar yang berjumlah 18 siswa pada semester genap tahun ajaran 2022. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian yang dicapai pada siklus I aktivitas mengajar guru dan aktivitas siswa berada pada ketegori cukup dalam penerapan metode SQ3R dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi kategori baik. Sejalan dengan hal tersebut, keterampilan membaca siswa mengalami peningkatan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode SQ3R dapat meningkatan keterampilan membaca siswa kelas IV SDN No.211 Inpres Campagaya Kabupaten Takalar telah berhasil. Kata kunci: Membaca pemahaman, metode SQ3R

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Aug 2023 06:17
Last Modified: 16 Aug 2023 06:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33640

Actions (login required)

View Item View Item