Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Murid Kela IV SDN 223 Inpres Tangkuru Kabupaten Maros

REZKILIA SUSANTI (2023) Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Murid Kela IV SDN 223 Inpres Tangkuru Kabupaten Maros.

[img] Text
ARTIKEL REZKILIA SUSANTI.pdf

Download (924kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan permasalahan bahwa pada sekolah yang diteiliti siswa kurang tertarik dengan strategi yang diberikan guru yang cenderung menoton sehingga membuat siswa merasa bosan dan kurang perhatian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran DRTA terhadap keterampilan membaca pemahaman murid kelas IV SDN 223 Inpres Tangkuru Kabupaten Maros, kemudian untuk mengetahui bagaimana gambaran keterampilan membaca pemahaman murid kelas IV SDN 223 Inpres Tangkuru Kabupaten Maros dengan menggunakan strategi DRTA dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan strategi DRTA terhadap kemampuan membaca pemahaman murid kelas IV SDN 223 Inpres Tangkuru Kabupaten Maros. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk memperoleh hasil membaca pemahaman murid pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV di SDN 223 Inpres Tangkuru sebelum dan setelahmenggunakan strategi DRTA dan mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh yang signifikan dengan menggunakan strategi DRTA terhadap hasil membaca pemahaman murid pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswakelas IV SDN 223 Inpres Tangkuru. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN 223 Inpres Tangkuru berjumlah 40 siswa. Sampel dalam penelitian dipilih secara random dengan menentukan IVA sebagai kelas kontrol dan IVB sebagai kelas eksperimen. Tehnik analisis data adalah cara yang digunakan untuk membuktikan hipotesis. Pada penelitian ini, tehnik analisis data yang digunakan adalah analisideskriptif dan analisi inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan penggunaan strategi DRTA pada pertemuan pertama berjalan efektifdan pada pertemuan kedua berjalan sangat efektif pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi DRTA berlangsung sangat baik dikarenakan persentase kategori pertemuan pertama dan kedua meningkat. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan independent sample t-test menunjukkan nilai probabilitas sebesar 0.001<0,05 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa gambaran strategi DRTA terhadap keterampilan membaca pemahaman murid kelas IV SDN 223 Inpres Tangkuru berlangsung sangat baik,sedangkan di kelas kontrol tanpa menggunakan strategi DRTA berada pada kategori baik, serta terdapat pengaruh penerapan strategi DRTA terhadap kemampuan membaca pemahaman murid kelas IV SD 223 Inpres Tangkuru. Kata Kunci : Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA), Membaca Pemahaman

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Aug 2023 05:50
Last Modified: 16 Aug 2023 05:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33638

Actions (login required)

View Item View Item