PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMPELAJARAN TERHADAP HASIL SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SD INPRES BAROMBONG II KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR

SINTIA (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMPELAJARAN TERHADAP HASIL SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SD INPRES BAROMBONG II KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL SINTIA .pdf

Download (425kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan yang ditemukan di SD Inpres Barombong II yaitu rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran penggunaan media video pembelajaran pada muatan pelajarn IPA, untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA, dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA kelas V SD Inpres Barombong II Kecamatan Tamalate Kota Makasar. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan pendekatan quantitatif. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan pendekatan quantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Experimen dengan tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas V SD Inpres Barombong II Kecamatan Tamalate Kota Makasar. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu 22 siswa kelas VA dan 22 siswa kelas VB yang dipilih dengan Teknik purposive sampling. Teknik dan prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik infrensial. Hasil hipotesis statistik inferensial kelas eksperimen adalah 0,002 lebih kecil dari 0,05 yang artinya ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan treatment, sehingga menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA kelas V SD inpres Barombong II Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Kata Kunci : Video Pembelajaran IPA, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:41
Last Modified: 16 Aug 2023 03:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33636

Actions (login required)

View Item View Item