PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SDN NO.72 BONTOLOE TAKALAR

DHITA ALVIONITA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SDN NO.72 BONTOLOE TAKALAR.

[img] Text
JURNAL_JP_E_DHITA_ALVIONITA_PGSD_FIP_UNM.pdf

Download (726kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Adapun rumusan masalahnya yaitu bagaimanakah gambaranpenerapan model pembelajaran PBL dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model PBL dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah model pembelajaran PBL dan hasil belajar siswa. Subyek dalam penelitian iniadalah seluruh siswa kelas IV SDN No.72 Bontoloe Takalar dengan jumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah\observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas IV. Pada aktivitas mengajar guru siklus I berada pada kategori baik dan pada siklus II berada pada kategori baik pula. Demikian pula pada aktivitas belajar siswa siklus I berada pada kategori baik dan siklus II berada pada kategori baik pula. Begitupula pada hasil belajar siswa. Pada siklus I belum berhasilmencapai ketuntasan klasikal sesuai dengan yang telah ditentukan dan berada pada kategori cukup. Pada siklus II ini hasil belajar siswa berada pada kategori baik sekali. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa melalui penerapan model pembelajaran PBL dalam pembelajaran tematik, maka hasil belajar siswa kelas IVSDN No.72 Bontoloe Takalar dapat meningkat. Kata Kunci: Problem Based Learning; Hasil belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:20
Last Modified: 16 Aug 2023 03:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33634

Actions (login required)

View Item View Item