Pengaruh Media Pembelajaran Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II UPT SPF SDI Malengkeri Bertingkat 1 Kota Makassar

FARAH SHAFIRA IRFAN (2023) Pengaruh Media Pembelajaran Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II UPT SPF SDI Malengkeri Bertingkat 1 Kota Makassar.

[img] Text
ARTIKEL_FARAH SHAFIRA IRFAN.pdf

Download (624kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental design yang bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan membaca permulaan siswa kelas II di UPT SPF SDI Malengkeri Bertingkat 1 Kota Makassar sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran big book dan mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran big book terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas II UPT SPF SDI Malengkeri Bertingkat 1 Kota Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah media pembelajaran big book (variabel bebas), sedangkan kemampuan membaca permulaan siswa (variabel terikat). Populasi dalam penelitian ini adalah 50 siswa kelas II UPT SPF SDI Malengkeri Bertingkat 1 Kota Makassar. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara random dengan menentukan kelas II A sebagai kelas eksperimen dan kelas II B sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes dan dokumentasi kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah terdapat perbedaan kemampuan membaca permulaan siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan perlakuan dimana nilai rata-rata kemampuan membaca permulaan kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Gambaran penggunaan media big book berlangsung efektif, (2) Kemampuan membaca permulaan kelas eksperimen meningkat dari kategori baik menjadi sangat baik, sedangkan kelas kontrol tetap berada pada kategori baik, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media big book terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II. Kata Kunci: media pembelajaran big book, kemampuan membaca permulaan, siswa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Aug 2023 02:56
Last Modified: 16 Aug 2023 02:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33630

Actions (login required)

View Item View Item