RISKA DAMAYANTI (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA di Kabupaten Maros.
Text
Artikel.pdf Download (431kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 160 Inpres Lemo-Lemo Kab. Maros. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan format observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Berdasarkan hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I pada pertemuan 1 dikategorikan kurang (K) pertemuan 2 dikategorikan cukup (C) dan siklus II pada pertemuan 1 dikategorikan cukup (C) pertemuan 2 dikategorikan baik (B). Aktivitasbelajar siswa pada siklus I pertemuan 1 dan pertemuan 2 dikategorikan kurang (K) dan siklus II pada pertemuan 1 dikategorikan cukup (C) pertemuan 2 dikategorikan baik (B). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 160 Inpres Lemo-Lemo Kab. Maros. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT)), Hasil Belajar IPA
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 16 Aug 2023 02:47 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 02:47 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33629 |
Actions (login required)
View Item |