PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPA KELAS V DI UPT SDN NO.72 BONTOLOE KABUPATEN TAKALAR

NURATIKA SARI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPA KELAS V DI UPT SDN NO.72 BONTOLOE KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
ARTIKEL_NURATIKA SARI.pdf

Download (460kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan IPA kelas V di UPT SDN No. 72Bontoloe Kabupaten Takalar. Fokus penelitian ini adalah Penerapan Model Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dan hasil belajar IPA. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas V UPT SDN No. 72 Bontoloe Kabupaten Takalar yang berjumlah 40 orang pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada siklus I belum berhasil mencapai ketuntasan klasikal siswa yang ditentukan dan berada pada kategori kurang, sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat berada pada kategori baik dengan demikian penerapan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan IPA kelas V di UPT SDN No. 72 Bontoloe Kabupaten Takalar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS), Hasil Belajar IPA , Penelitian Tindakan Kelas

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Aug 2023 02:31
Last Modified: 16 Aug 2023 02:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33628

Actions (login required)

View Item View Item