PENERAPAN PENDEKATAN CTL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS DUA SEKOLAH DASAR

AULIA MAYA LESTARI (2023) PENERAPAN PENDEKATAN CTL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS DUA SEKOLAH DASAR.

[img] Text
Aulia Maya Lestari (1847040012)_Artikel NSJ.pdf

Download (301kB)

Abstract

Studi ini menelaah penerapan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas II UPT SPF SD Inpres Perumnas Antang III. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini dilihat dari (1) Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. (2) Hasil belajar matematika siswa. Setting penelitian ini dilaksanakan di sekolah UPT SPF SD Inpres Perumnas Antang III Kota Makassar pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru kelas dan 29 siswa kelas IIB UPT SPF SD Inpres Perumnas Antang III Kota Makassar. Rancangan tindakan dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I berada pada kategori baik dan pada siklus II berada pada kategori baik. Dan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori baik dan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus II berada pada kategori baik. Hasil belajar matematika siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata di bawah KKM sedangkan hasil belajar matematika siswa pada siklus II dengan nilai rata-rata di atas KKM.Jadi disimpulkan bahwa dengan menerapkan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II UPT SPF SD Inpres Perumnas Antang III Kota Makassar. Kata Kunci: Pendekatan CTL, matematika, hasil belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Aug 2023 07:17
Last Modified: 14 Aug 2023 07:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33616

Actions (login required)

View Item View Item