Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Kalimat Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas II SD Inpres Mangga 3 Kota Makassar

RIZKY PUTRI RAMADHANI (2023) Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Kalimat Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas II SD Inpres Mangga 3 Kota Makassar.

[img] Text
JURNAL_RIZKY PUTRI.pdf

Download (755kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran penggunaan media kartu kata di kelas II SD Inpres Mangga 3 Kota Makassar; (2) untuk mengetahui keterampilan menulis kalimat bahasa Indonesia peserta didik di kelas II SD Inpres Mangga 3 Kota Makassar, dan (3) untuk mengetahui penggunaan media kartu kata terhadap keterampilan menulis kalimat peserta didik di kelas II SD Inpres Mangga 3 Kota Makassar. Jenis penelitian ini yaitu Quasi Eksperimental Design dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Groupmemberikan pretest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II SD Inpres Mangga 3 Kota Makassar berjumlah 74 orang, sedangkan sampel pada penelitian ini berjumlah 52 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu media kartu kata dan variabel terikat yaitu keterampilan menulis kalimat. Prosedur penelitian yang digunakan dengan dua tahap, yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan melakukan observasi, tes, dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dan inferensial yang terbagi atas uji analisis normalitas, homogenitas dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan media kartu kata saat digunakan menjadikan peserta didik tertarik sehingga menghasilkan kategori sangat baik, dan (2) keterampilan menulis kalimat peserta didik berdasarkan hasil posttest pada kelas eksperimen menunjukkan kategori cukup baik. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh P= 0,009 lebih kecil dari α = 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran kartu kata terhadap keterampilan menulis kalimat peserta didik di kelas II SD Inpres Mangga 3 Kota Makassar. Kata Kunci: Media Kartu Kata, Keterampilan Menulis Kalimat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Aug 2023 06:40
Last Modified: 14 Aug 2023 06:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33609

Actions (login required)

View Item View Item