Pengaruh Penggunaan Classroom Reading Program Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V

VIDYA ADHYANINGRUM (2023) Pengaruh Penggunaan Classroom Reading Program Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V.

[img] Text
Artikel Vidya Adhyaningrum_1847042099_PGSD_UNM.pdf

Download (471kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berbentuk quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode classroom reading program terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Mannuruki Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah gambaran penggunaan Classroom Reading Program terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia, (2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar Bahasa Indonesia, (3) Apakah ada pengaruh penggunaan Classroom Reading Program terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Variabel dalam penelitian ini yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode classroom reading program dan variabel terikatnya adalah hasil belajar Bahasa Indonessia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres Mannuruki Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas A dan kelas B, sedangkan sampelnya adalah kelas V A sebagai kelas eksperimen orang dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes, lembar observasi dan dokumentasi. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar Bahasa Indonesia berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Bedasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai P=0,004 lebih kecil dari α=0,05 dan hasil analisis statistic deskriptif diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen yaitu 75,75 dan nilai rata-rata pada kelas kontrol yaitu 65,29. Hal ini dapat dsimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Metode Classroom Reading Program terhadap hasil belajar Bahasa Indoensia siswa kelas V SD Inpres Mannuruki Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Kata Kunci: Metode Classroom Reading Program, Hasil Belajar Bahasa Indonesia

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Aug 2023 06:33
Last Modified: 14 Aug 2023 06:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33608

Actions (login required)

View Item View Item