NURHADIJAH (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) terhadap Keterampilan Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDI No. 122 Tamanroya Kabupaten Jeneponto.
Text
Artikel_Nurhadijah.pdf Download (793kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian Eksperimen yang menggunakan rancanagan “Non-Equivalent Control Group Design” digunakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Student Facilitator And Explaining (SFAE) terhadap keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDI No.122 Tamanroya Kabupaten Jeneponto. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan berbicara siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDI No.122 Tamanroya sebanyak 44 siswa. Teknik penarikan sampel yaitu Non Probability Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis data inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) pada pemberian treatment berjalan dengan sangat baik.. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model Student Facilitator And Explaining (SFAE) terhadap keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDI No. 122 Tamanroya Kabupaten Jeneponto. Kata Kunci: Model Pembelajaran (SFAE), Keterampilan Berbicara
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 06:20 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 06:20 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33606 |
Actions (login required)
View Item |