Penerapan Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Negeri 75 Malewang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros

SURIANA (2023) Penerapan Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Negeri 75 Malewang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros.

[img] Text
Suriana_1647041022_Artikel.pdf

Download (726kB)

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SDN 75 Malewang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa melalui penerapan model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran ARCS dan hasil belajar siswa. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 75 Malewang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan format observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian dengan menggunakan model Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Peningkatan hasil belajar siswa dari rata-rata pada kondisi awal meningkat menjadi 72 pada siklus I dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 82,66 serta ketuntasan belajar pada kondisi awal sebanyak 6 siswa (40%), setelah dilaksanakan perbaikan dengan penerapan model ARCS pada siklus I meningkat menjadi 9 siswa atau 60% dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 13 siswa atau 86,66%. Kata kunci: Model Pembelajaran ARCS, Hasil Belajar, IPA.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Aug 2023 05:52
Last Modified: 14 Aug 2023 05:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33602

Actions (login required)

View Item View Item