PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TIMBULA KABUPATEN BULUKUMBA

SRI WULANDARI (2023) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TIMBULA KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
1747042018_SRI_WULANDARI_ARTKEL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita siswa melalui penggunaan media audio visual pada siswa kelas V SD Negeri Timbula kabupaten Bulukumba tahun ajaran . Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SD Negeri Timbula kabupaten Bulukumba terdiri dari siswa pada semester ganjil tahun pelajaran . Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, pada setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan Teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata hasil tes pada siklus I menunjukkan nilai rata�rata kelas mencapai dan ketuntasan klasikal . Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi dan ketuntasan klasikal . Aktivitas belajar mengajar guru dan siswa pada siklus I pada kategori cukup dan meningkat pada siklus II pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita pada siswa kelas V SD Negeri Timbula Kabupaten Bulukumba tahun ajaran 2021/2022 Kata Kunci : Media audio visual, keterampilan menyimak

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Aug 2023 05:45
Last Modified: 14 Aug 2023 05:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33601

Actions (login required)

View Item View Item