OJENG PIRDANI (2023) PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA KELAS II UPT SDN 6 RAPPANG KECAMATAN PANCA RIJANG KABUPATEN SIDRAP.
Text
ARTIKEL.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan orang tua terhadap hasil belajar melalui pembelajaran daring pada siswa kelas II. Populasi penelitian ini adalah seluruh orang tua siswa tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 26 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan dari jumlah populasi yaitu 26 orang karena penulis menggunakan sampel jenuh dimana keseluruhan populasi dijadikan sampel. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah bimbingan orang tua, sedangkan variable terikatnya adalah hasil belajar. Data penelitian ini diperoleh dari hasil penyebaran angket dan dokumentasi untuk memperoleh data mengenai pengaruh bimbingan orang tua terhadap hasil belajar teknik data yang digunakan adalah analisi deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan orang tua dengan kategori baik dan hasil belajar siswa dengan kategori cukup Berdasarkan uji-f dan uji-t. hasil uji-f pada output Anova nilai Fhitung tersebut lebih besar dibandingkan dengan Ftabel, sedangkan pada uji-t menunjukkan hasil output pada table Coeffisient nilai Fhitung tersebut lebih besar dibandingkan dengan ttabel. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, dengan kata lain yaitu ada pengaruh antara bimbingan orang tua terhadap hasil belajar melalui pembelajaran daring pada siswa kelas II UPT SDN 6 Rappang. Kata Kunci : Bimbingan orang tua, hasil belajar, pembelajarn daring
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 05:38 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 05:38 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33600 |
Actions (login required)
View Item |