Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual berbasis video Animasi Terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Barru Kabupaten Barru

NUDIAH (2023) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual berbasis video Animasi Terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Barru Kabupaten Barru.

[img] Text
Artikel_Nudiah_Universitas Negeri Makassar.pdf

Download (698kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena karena rendahnya perhatian siswa terhadap mata pelajaran IPS karena penggunaan media yang bersifat konvensial. Tujuan penelitian ini (1)Untuk mengetahui gambaran penggunaan media audio visual berbasis video animasi siswa kelas IV SD Negeri 1 Barru Kabupaten Barru, (2) Untuk mengetahui gambaran motivasi belajar IPS siswa IV SD Negeri 1 Barru Kabupaten Barru, dan (3) Untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan penggunaan media audio visual berbasis video animasi terhadap motivasi belajar siswa Kelas IV SD Negeri 1 Barru Kabupaten Barru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian eksperimen yang menggunakan true eksprimental design dan desain penelitian Pretest-Posttest control Group design. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Simple Random Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Barru yang terdiri dari 3 kelas, sedangkan sampelnya adalah kelas IV 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah Siswa 29 orang dan kelas IV 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah Siswa sebanyak 28 orang. Teknik pengumpulan data yaitu angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferesial yang terdiri dari uji normalitas, uji homegenitas, uji hipotesis menggunakan independent sample t-test, dan uji N Gain. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan angket motivasi berupa prenon-test dan postnon-test serta lembar observasi keterlaksanaan penggunaan media video animasi untuk melihat gambaran penggunaan media video animasi serta dokumentasi sebagai bukti keterlaksanaan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran penggunaan media video animasi pada proses pembelajaran berlangsung dengan baik, hal ini dapat dilihat dari keterlaksanaan penggunaan media video animasi selama 2 kali pertemuan yaitu perlakuan pertama sebesar 73,33% dengan kategori baik dan pemberian perlakuan kedua sebesar 86,67% dengan kategori sangat baik. Kemudian terdapat perbedaan nilai rata-rata motivasi belajar siswa kelas eksperimen dengan nilai rata-rata motivasi belajar Siswa kelas kontrol. Hal tersebut dibuktikan dari nilai hasil post non-test Siswakelas eksperimen setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan media video animasi ada pada kategori sangat termotivasi dan hasil post non-test kelas kontrol setelah diberikan perlakuan tanpa menggunakan media video animasi berada pada kategori termotivasi. Kemudianpada pengujian yang nilai N Gain score pada kelas eksperimen mencapai 0,5 dengan pada kelas kontrol mencapai 0,3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media media audio visual berbasis video animasi terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Barru Kabupaten Barru. Kata Kunci: Media audio visual, video animasi,motivasi belajar, IPS

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Aug 2023 03:48
Last Modified: 14 Aug 2023 03:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33599

Actions (login required)

View Item View Item