PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MEMBACA CEPAT TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD INPRES SOREANG KECAMATAN TANETE RILAU KABUPATEN BARRU

INDRIANI (2023) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MEMBACA CEPAT TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD INPRES SOREANG KECAMATAN TANETE RILAU KABUPATEN BARRU.

[img] Text
PGSD_1747042021_INDRIANI.pdf

Download (406kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Inpres Soreang kecamatan Tanete Rilau kabupaten Barru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran membaca cepat dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Inpres Soreang kecamatan Tanete Rilau kabupaten Barru. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitian ini penerapan model pembelajaran membaca cepat dan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Setting penelitian ini adalah SD Inpres Soreang kecamatan Tanete Rilau kabupaten Barru dengan jumlah siswa sebanayak 17 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes, dan study dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif Miles dan Hubermaen meliputi tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada aktivitas guru dan siswa maupun kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kata Kunci : Membaca Cepat dan Kemampuan Membaca Pemahaman

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Aug 2023 03:40
Last Modified: 14 Aug 2023 03:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33598

Actions (login required)

View Item View Item